Kami Akan Membantu Menjawab Pertanyaan Anda

Dealer Mitsubishi Daan Mogot – Info Promo Mitsubishi JABODETABEK

Jajal Mengendarai Mitsubishi XForce dari Semarang ke Yogyakarta

Jajal Mengendarai Mitsubishi XForce dari Semarang ke Yogyakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan kesempatan kepada awal media otomotif untuk merasakan langsung performa dan keunggulan yang dimiliki Mitsubishi XForce.

Dalam kesempatan kali ini, pabrikan otomotif asal Jepang itu menunjuk rute dari Semarang, Solo, dan Yogyakarta, dengan melewati beragam kondisi dan kontur jalan. Mulai tol, perkotaan, dan perdesaan. Awak redaksi KOMPAS.com berkesempatan menguji dan duduk di jok pengemudi XForce saat dari rute Solo menuju ke Yogyakarta.

Jalanan yang dilewati didominasi oleh perkotaan dan perdesaan dengan situasi macet dan juga kontur tanjakan dan turunan.

Selama mengemudi, setir XForce terasa enteng dan mudah dikendalikan, tapi saat kecepatan tinggi masih stabil. Kondisi itu tentunya sesuai dengan karakter Electric Power Steering yang semakin berat ketika mobil melesat kencang.

Secara performa, XForce dibekali mesin dengan kode 4A91 ini memiliki tenaga puncak mencapai 105 PS di 6.000 rpm dan momen puntir maksimal sampai 141 Nm pada 4.000 rpm. Akselerasi dan juga handling ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi begitu responsif.

Terbukti ketika digeber di jalan bebas hambatan dengan kecepatan sampai di atas 140 kpj, pengendaliannya masih stabil. Hanya saja untuk urusan suspensi dirasa sangat keras untuk ukuran SUV kompak. Ketika melaju di jalan yang kurang bagus atau melintasi polisi tidur bantingannya terasa kurang empuk.

Tetapi itulah yang dibutuhkan atau sesuai dengan karakter SUV, yang bisa melibas lebih banyak kontur jalan dibandingkan model lain. Poin positifnya adalah ketika diajak bermanuver dengan kecepatan tinggi, ayunannya membuat pengemudi dan penumpang merasa lebih nyaman.

“Setingan suspensinya memang dibuat keras, tapi itulah karakter dari mobil SUV sehingga ketika digunakan dalam kecepatan tinggi, mobil itu tetap stabil,” ujat Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubsihi Indonesia.

Xforce dibekali dengan dapur pacu yang sama seperti pada Xpander. Namun,  sistem Continuous Variable Transmission (CVT) yang disematkan pada mobil ini ternyata cukup canggih karena bisa berubah secara otomatis.

Sebagai contoh ketika pengemudi menginjak pedal gas hanya 50 persen, 60 persen, atau santai, maka akan membuat kurva yang flat. Jadi, tidak ada slip dan lainnya, sehingga mendapatkan rasio yang stabil. Selanjutnya mengenai visibilitas ke samping kanan dan kiri, dan ke belakang, dirasa tidak ada masalah.

Begitu pula dengan tombol-tombol yang ada di konsol tengah atau layar hiburan, semua masih dalam jangkauan pengemudi yang memiliki tinggi badan sekitar 178 cm.

KONSUMSI BBM

Selama pengujian dengan rute Semarang-Solo-Yogyakarta, didapatkan hasil konsumsi BBM -mengacu pada informasi di MID, yaitu mencapai 25,6 km/liter untuk rute jalan tol. Rute dalam kota dari Solo-Yogyakarta dengan kondisi lancar dan macet tertulis di MID, yaitu 15,4 kpl dengan kecepatan rata-rata 25 kpj.

Penumpang yang ada di dalam mobil berjumlah empat orang dengan bobot yang berbeda-beda. Apabila dijumlahkan empat penumpang itu bisa mencapai 320 kilogram. Kondisi AC juga tetap menyala dengan suhu normal

Selain punya empat mode berkendara, yaitu normal, wet, gravel, dan mud, XForce juga punya fitur Driving Score. Head of Sales Training Department MMKSI Arif Dwianto mengatakan, fitur ini tentunya dirancang untuk memperbaiki kebiasaan mengemudi.

Artinya, semakin tinggi skornya maka konsumsi BBM  XForce bisa semakin irit. “Driving score akan membantu pengendara untuk berkendara secara efisien, makin tinggi makin efektif dan efisien,” kata Arif. Menurut dia, skor pada Driving Score in mengacu dari sejumlah data pada mobil. Di mana sistem akan memabca seberapa agresif pengemudi dana menginjak pedal gas dan rem, serta roda kemudi.

Secara keseluruhan tentunya XForce ini sangat nyaman untuk digunakan harian, apalagi di jalan perkotaan. Akselerasi di awal cukup responsif, dan handlingnya sangat baik. Begitu juga dengan kualitas audio dari Yamaha bisa memberikan pengalaman berbeda selama di perjalanan karena pengemudi dan penumpang dapat mendengarkan lagu favorit dengan kualitas yang cukup baik.

SUMBER : otomotif.kompas.com

Info Pembelian Mobil Mitsubishi, Hubungi

Jl. Daan Mogot KM. 11 No.8 No 9, Cengkareng Tim., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730